>

12 Cara membuat artikel yang berkualitas tinggi dan di sukai Pembaca


Dalam dunia Blogging, mau tidak mau, suka tidak suka, adalah kegiatan tulis-menulis. Melalui tulisan lah seorang blogger menyampaikan pendapat, ide, pemikiran dan pengalaman pribadi kepada orang lain bertujuan memberi manfaat bagi yang membacanya.

Bila postingan di blog Sobat bagus dan bermanfaat untuk orang lain tentu akan semakin bertambah pengunjung yang datang ke blog untuk mencari dan membaca artikel tersebut. Sungguh suatu hal yang sangat mengagumkan jika kita dapat berbagi kepada orang lain akan pengalaman, pengetahuan kita yang tuangkan ke dalam tulisan-tulisan di blog.

Nah, sebenarnya cara posting di blog sangatlah mudah, hanya saja Sobat belum membiasakan diri karena masih pemula yang baru tahu cara membuat blog sendiri ya gak sih ? Dan saya yakin suatu saat Sobat akan menjadi blogger yang ternama dan memiliki penghasilan yang mengagumkan..

Tidak bisa dipungkiri saat ini kualitas konten memang menjadi faktor penting dalam SEO. Di sisi lain backlink yang kita tahu selama ini menjadi faktor utama peringkat mesin pencari semakin kesini mulai semakin berkurang perannanya.

Cara membuat artikel yang berkualitas tinggi

Nah langsung saja di sini saya ingin berbagi kepada sobat yang mungkin bertanya-tanya, “seperti apa sih artikel yang berkualitas?”Di bawah ini adalah daftar hal-hal yang bisa sobat lakukan untuk membuat artikel di blog sobat lebih disukai pembaca dan SEO friendly dan mendapatkan peringkat yang bagus. Silakan disimak..

1,Panjang tulisan

Tulislah sepanjang Sobat memerlukannya. Tulislah sepanjang bisa mengurai semua apa yang ingin Sobat sampaikan. Tidak kurang, tidak lebih! Seringkali Sobat bisa memangkas kalimat dan kata-kata yang tidak perlu, buang saja. Buat tulisan tetap simpel, namun bisa menyampaikan isi dengan baik. Menurut saya, tidak ada patokan berapa jumlah kata minimal untuk sebuah tulisan yang bagus. Beberapa orang mengatakan minimal 300, 500 atau 700 kata. Menurut saya tidak.

Tulislah sepanjang apapun, atau sependek apapun, jika mampu memberi solusi nyata dengan tuntas, itu adalah artikel yang bagus. Penggunaan kata dan kalimat yang tidak perlu, justru tidak membuat artikel itu menjadi lebih bagus.

2.Sederhana

 Sebuah blog bisa menjadi sebuah media untuk menunjukkan expertise Sobat. Namun sekali lagi, pengunjung yang datang ke blog Sobat belum tentu sama expert nya dengan Sobat. Jadi, tetaplah buat tulisan yang sederhana dan mudah dipahami. Buatlah yang rumit bisa dijelaskan dengan sederhana. Bukan justru menjelaskan hal sederhana dengan jalan yang rumit.

3,Tata bahasa

Belajarlah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik (saya sendiri masih belajar). Menulis ejaan yang tidak standar, tidak akan banyak membantu, kecuali jika audiens Sobat sangat spesifik (komunitas gaul muda-mudi misalnya).

Kecuali Sobat sedang menulis jurnal ilmiah, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang luwes (namun tetap memperhatikan kaidah bahasa) adalah salah satu faktor yang membuat sebuah tulisan ‘enak’ untuk dinikmati.

Namun, hal ini tidak juga berarti Sobat harus secara ketat menggunakan tata bahasa dan ejaan yang sangat baku. Menulis dengan terlalu berpatokan dengan tata bahasa dan ejaan yang baku secara ketat, juga bisa membuat tulisan menjadi sangat ‘kaku’ dan monoton.

Tanda baca juga tidak boleh dilupakan. Saya sendiri setiap kali selesai menulis selalu menyempatkan untuk membaca sekali lagi dari awal sampai akhir untuk mengecek masalah tata bahasa dan ejaan ini.

4,Hindari bahasa SMS

Bahasa SMS atau bahasa chat yang dimaksud adalah bahasa yang disingkat-singkat. Ini biasa terjadi jika kita menggunakan mobile blogging, yaitu ngeblog dengan ponsel. Tapi ternyata sering juga saya jumpai yang menggunakan komputer dengan hal yang sama. Tlg jgn skli” mnulis sprti ini dlm blogging. 4p4lag1 sep3rt1 1Ni.

5,Buat Judul dan Paragraf pertama menarik perhatian

Kebanyakan orang hanya memiliki beberapa detik, kurang lebih 10 detik untuk melihat dan memutuskan untuk mau membaca atau tidak. Mereka tidak perduli sehebat apa isi dari artikel Sobat, maka judul harus di buat semenarik mungkin agar mata mereka fokus pada link situs Sobat dan jangan lupa setelah mereka mengklik link situs Sobat pertama kali di baca adalah paragraf pertama, jadi usahakan paragraf pertama memberikan kesan yang mendalam agar mereka tertarik untuk membaca selanjutnya dari artikel Sobat.

6, Melakukan Riset Kata Kunci

Setelah Sobat mengidentifikasi audien Sobat, saatnya Sobat melakukan riset kata kunci untuk mencari ide atau gagasan dari topik yang sudah Sobat temukan. Dengan melakukan riset kata kunci Sobat juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan urutan halaman no. 1 di SERP. Hal ini juga termasuk tujuan Sobat agar artikel Sobat di baca oleh banyak orang, seperti apa yang sudah Sobat target.

7,Ringan dibaca

Penggunaan tata bahasa, ungkapan, istilah, perumpamaan, atau ejaan yang tidak tepat dan berlebihan akan cepat membuat pengunjung blog berhenti membaca seketika. Menjaga tulisan agar tetap ringan dan mudah dicerna menjadi sesuatu yang sangat sangat penting.

Bagilah artikel yang cukup panjang menjadi beberapa sub-judul. Gunakan ilustrasi, gambar dan format teks (huruf tebal, miring, garis bawah dan lain-lain) untuk memperjelas isi. Gunakan kalimat yang tidak terlalu panjang. sebagai pengujian, baca keras-keras tulisan Sobat seperti Sobat berbicara: nyamankah didengarkan?

 8,Menulis secara berkala. 

 Saya kasih sebuah bocoran rahasia tentang menulis di blog yang membedakan dari yang lain: konsistensi. Tulisan yang diinginkan pembaca sebenarnya sederhana, jika mereka sudah suka maka mereka akan sangat menantikan tulisan berikutnya. Maka menulislah dengan konsisten.

9, Penguasaan Topik

Tidak mungkin Sobat bisa menghasilkan artikel yang berkualitas tanpa Sobat memahami apa kandungan dari topik yang ingin Sobat tulis, maka pelajari terlebih dahulu topik yang Sobat target, setelah itu barulah Sobat memulai untuk menulis topik tersebut. Dengan menguasai sebuah topik, tentu akan lebih mempermudah Sobat dalam melakukan penerapan kata kata dan membuat artikel yang dapat di apresiasi oleh pembaca situs Sobat.

10,Menulis dengan tuntas

Orang sangat senang dengan artikel yang membahas sebuah topik dengan tuntas. Artikel tidak harus panjang walau singkat asal jelas itu lebih di sukai mereka, seperti kata Mattcuts: Artikel yang berguna bagi pembaca adalah artikel yang membahas dengan tuntas tidak tanggung tanggung. Contoh saja ketika Sobat sedang mencari artikel dengan topik tentang masalah Sobat, ketika itu Sobat menemukan situs dan kemudian membaca, tapi ternyata artikel tidak memberikan penyelesaian masalah Sobat, tentu Sobat langsung menngklik tombol kembali di browser Sobat dan mencari artikel yang lebih detail bukan?

11,Minta pendapat. 

Adalah salah satu cara yang biasa saya lakukan ketika awal menulis blog. Ternyata masukan dari berbagai macam pembaca membuat saya semakin tahu bagaimana cara menulis yang memang benar-benar mereka inginkan.

12,Menempatkan kata kunnci pada artikel

Setelah Sobat menulis artikel yang berkualitas tentu artikel Sobat ingin di baca banyak orang bukan? maka meletakkan kata kunci termasuk strategi dari artikel berstandar SEO. Mustahil bila Sobat tidak tepat menempatkan kata kunci bisa menang di halaman utama mesin pencari, kalaupun itu ada itu mukjizat, tapi saya yakin tidak sebanyak pembaca yang tepat Sobat meletakkan kata kunci.

Demikain tips sederhana yang bisa saya share untuk Sobat tentang Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO Friendly. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Sobat sekalian. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terimakasih ^_^
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
1 Januari 2017 06.24 ×

Wah pasa banget nin infonya, tapi sayang ane masih banyak yang lalai deh kayaknya..izin save ya gan, ditunggu artikel kaya gini lagi

Reply
avatar
Om Daud
admin
14 Januari 2017 22.17 ×

ok sob, semoga membantu :)

Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...