>

Cara membuka usaha laundry kiloan. dan semua hal yang harus di siapkan


Cara membuka usaha laundry kiloan.

Sebagian orang mencuci pakaian kotor, sudah menjadi aktivitas rutin yang di lakukan setiap pekan. Tapi ada juga yang tidak mempunyai banyak waktu untuk sekedar mencuci pakaiannya. Hal inilah yang bisa sobat ambil sebagai peluang usaha membuka usaha jasa laundry pakaian.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih serta padatnya aktivitas masyarakat perkotaan, membuat membuat mereka mereka malas untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Mereka ingin menghemat waktu, tenaga serta tidak mau repot-repot. Selain itu mereka juga menginginkan pakaian bersih dan wangi. Nah dengan usaha laundry semua itu dapat didapatkan dengan biaya yang relatif murah.saat ini sedang marak usaha laundry kiloan

yuk cari tau apa saja yang harus di siapkan untuk membuka laundry kiloan.

  • Tempat usaha

Lokasi merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan usaha laundry kiloan.
Lokasi yang recomended dari berbagai pengalaman Saya :

  1. Daerah kos-kosan mahasiswa
  1. Perumahan Kelas menengah
  1. Daerah Kos-kosan pegawai kantoran
Ini merupakan hal pertama yang harus sobat lakukan
  
  Setelah sobat menentukan lokasi, maka yang harus sobat lakukan adalah analisa pasar, apakah market disana layak untuk dijadikan lokasi usaha atau tidak.

Baca juga ; 11 usaha modal kecil yang cocok untuk sampingan

  • Analisa pasar:

beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan analisa pasar adalah sebagai berikut:

  1. Jumlah Saingan

  1. Banyaknya saingan yang Saya miliki, menunjukkan kekuatan pangsa pasar daerah tersebut yang artinya di daerah tersebut sudah terbentuk pangsa pasar. sobat hanya perlu untuk memenangkan persaingan tersebut. semakin banyak saingan, ini akan semakin bagus bagi usaha sobat . karena yang perlu sobat lakukan hanya memenangkan persaingan dari pada sobat harus membentuk pangsa pasar baru.
    Lakukanlah survei kepada saingan tersebut dengan memperkirakan jumlah pemasukan dan melihat kelebihan serta kekurangan dari saingan tersebut dengan melakukan testing order.

  1. Jumlah Penduduk

  1. Dengan Memperkirakan banyaknya penduduk yang ada dikawasan tersebut, dapat pula kita perhitungkan pangsa pasar di daerah tersebut.
Setelah melakukan hal tersebut, lakukan simulasi perhitungan jumlah konsumen yang sobat butuhkan.

  •  Kebutuhan Perlengkapan Usaha:

Ini adalah tahap dimana sobat akan memperkirakan berapa total biaya yang akan sobat keluarkan untuk memulai usaha laundry kiloan ini.
Selain memperkirakan total biaya yang akan sobat keluarkan, sobat juga akan menentukan pada supplier mana sobat akan membeli perlengkapan tersebut.

baca juga ; 10 Cara menjual barang hingga sukses menjual

Beberapa kategori barang yang akan sobat beli:


  1. Barang yang bersifat perlengkapan

  1. Maksud dari barang perlengkapan ini adalah barang yang tahan lama lebih dari 1 tahun.
    Barang perlengkapan ini meliputi: mesin pengering, mesin cuci, rak dan meja kasir, dan setrika.

Barang yang bersifat Inventory
Barang ini adalah barang yang habis pakai. Jenis barang ini akan sobat Beli setiap bulan dan akan menjadi pengeluaran sobat.
Barang ini meliputi: solasi, pewangi, deterjen, plastik, Gas LPG, dan sebagainya.

  •  Marketing dan Promosi

Sebelum sobat membuka laundry, akan harus menentukan promosi seperti apa yang akan sobatlakukan. Apakah melalui brosur, leaflet, atau spanduk. Promo apa yang akan sobat berikan kepada pelanggan pada awal pembukaan laundry akan sangat mempengaruhi pelanggan untuk melakukan testing pada laundry sobat

  •  Management dan Internal kontrol

Pada bagian ini, sobat ditugaskan untuk berfikir bagaimana untuk me-manage laundry sobat sehingga dapat berjalan running well. Mulai dari managemen pegawai, sistem penggajian, sistem inventory, hingga proses bisnis Laundry sobat.
Dari Pengalaman saya, bagian yang paling sulit adalah managemen SDM, dimana kita dituntut untuk bisa memberikan gaji yang sepadan dengan pekerjaan karyawan. Jangan sampai karyawan merasa bahwa mereka telah bekerja keras tapi dengan hasil yang minim, ataupun sebaliknya.
Selain management, Internal kontrol sangat diperlukan agar laundry sobat menjadi usaha yang sehat dimana tidak terjadi kebocoran inventory ataupun kebocoran uang. sobat ditugaskan untuk menutup setiap kebocoran tersebut.

  •  Mental Pengusaha

Mental ini sangat diperlukan. Terlalu banyak perhitungan akan sangat menghambat proses sobat untuk menjadi pengusaha. Setiap perhitungan memang sangat diperlukan tetapi seorang pengusaha akan mengambil keputusan secara cepat.
Banyak sekali mental pengusaha yang tidak bisa Saya sebutkan, karena Saya sendiri juga masih belajar.sobatbisa pelajari pada buku-buku motivator yang sudah banyak beredar ataupun dengan mengikuti seminar.

Mungkin hanya itu yang bisa Saya share dengan sobat.. semoga bermanfaat :)
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
30 Desember 2016 21.25 ×

perlu dicoba buka usahanya..

Reply
avatar
Om Daud
admin
2 Januari 2017 22.01 ×

silahkan sob :) semoga membantu

Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...